Senin, 04 Oktober 2010

Calon Kapolri

Mengutip dari beberapa media tentang dicalonkannya Timur Pradopo oleh Presiden sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Bambang HD yang beberapa saat lagi akan segera lengser dari masa jabatannya.

Ketua DPR Marzuki Alie akhirnya memastikan Timur Pradopo sebagai calon Kapolri yang dikirim Presiden SBY ke DPR setelah surat pengajuan nama Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri itu diterimanya sekitar pukul 19.20malam ini.

“Kami sudah terima [surat pengajuan calon Kapolri] tiga sampai empat menit lalu. Langsung saya terima sendiri,” ujar Marzuki pada satu konferensi pers beberapa menit setelah menerima surat itu di ruang kerjanya.

Menurut Marzuki, isi surat yang diantar langsung oleh staf Mensesneg tersebut terdiri dari dua bagian.

Bagian pertama, menurut dia, adalah surat untuk memberhentikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri dari jabatan Kapolri. Sedangkan pada bagian kedua dari surat itu berisi tentang pengangkatan Komjen Polisi Timur Pradopo menjadi Kapolri, katanya.

Terkait dengan kelanjutan surat tersebut, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu mengatakan bahwa atas kesepakatan pimpian DPR, surat tersebut akan langsung dibawa ke siding paripurna besok. Sedangkan proses selanjutnya adalah membawa pengajuan nama itu ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk selanjutnya diteruskan ke Komisi III untuk menjalani fit and proper test.

Kepastian nama calon Kapolri tersebut di luar dugaan sebagain besar politisi maupun pengamat yang terus memantau perkembangan calon orang nomor satu di jajaran kepolisian itu. Padahal, sejak pagi sampai siang tadi, nama Kabareskrim Ito Sumardi sempat mencuat dengan berbagai analisa.

Munculnya nama Ito membuyarkan spekulasi sejak beberapa hari belakangan yang lebih banyak memunculkan dua nama, yakni Nanan Sukarna dan Imam Sudjarwo. Bahkan nama Kapolda sumatera Utara Oegroseno juga sempat disebut-sebut akan menggantikan Kapolri Bambang Hendarso Danuri yang akan memasuki pension pada 10 Oktober mendatang.

Komjen Timur Pradopo merupakan tamatan Akademi Kepolisian Angkatan 1977 dan lahir di Jombang 10 Januari 1956.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes