Sabtu, 31 Juli 2010

MOTIVASI UNTUK KERJA SAMA

Kerja sama menurut Charles H Cooley terjadi karena orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang sama mempunyai pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan tersebut. Tetapi ada juga motivasi lain yang mendorong orang untuk bekerja sama yakni :
a. Adanya orientasi perorangan terhadap kelompoknya sendiri. Orientasi ini merupakan arah, tujuan atau kepentingan yang timbul dari system nilai-nilai social yang berlaku dalam kelompok. Untuk mencapainya, setiap anggota kelompok mengharapkan bantian dari anggota kelompoknya.
b. Adanya ancaman dari luar (musuh bersama) yang mengancam ikatan kesetiaan yang secara tradisional telah tertanam di dalam kelompok.
c. Adanya rintangan dari luar yang menghalangi cia-cita kelompok yang mengakibatkan kekecewaan para anggota.
d. Kelompok merasa tersinggung atau dirugikan dalam hal system kepercayaan atau di dalam bidang sensitive kebudayaannya dan factor ini akan semakin mempertajam bentuk kerja sama dalam suatu kelompok.
e. Hanya utk mencari keuntungan pribadi
f. Semata-mata untuk menolong orang lain. Kerja sama jenis ini akan meringankan beban atau penderitaan orang lain tanpa mengharapkan imbalan.

Sumber : Berkenakan dengan Sosiologi, M. Sitorus, Erlangga

3 komentar:

Rezky Pratama mengatakan...

wah,postingannya bermutu
ahhahaha

Rezky Pratama mengatakan...

heheh

Rezky Pratama mengatakan...

gak ada orang ya?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes